Home » » Fungsi IF Excel

Fungsi IF Excel

Written By Unknown on Minggu, 10 Mei 2015 | 01.18

Kali ini kita akan mulai belajar kelompok fungsi Logical. Salah satu fungsi Excel yang paling sering kita butuhkan dalam kategori atau kelompok logical ini adalah Fungsi IF. Sebelum lebih jauh membahas fungsi ini ada baiknya kita memahami dulu tentang operator Excel yang telah saya bahas sebelumnya. Kenapa? karena dalam mengaplikasikan fungsi ini kita akan membutuhkan memahami operator perbandingan dalam program Excel.
Fungsi IF mengembalikan satu nilai jika kondisi yang kita tentukan mengevaluasi ke TRUE, dan nilai lain jika kondisi itu mengevaluasi ke FALSE. Dengan kata lain  fungsi IF  ini akan mengambil suatu kondisi tertentu kemudian menentukan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.
TRUE = Benar. Kondisi terpenuhi.
FALSE = Salah. Kondisi tidak terpenuhi.

SINTAKS
IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])
Argumen Fungsi IF :
  • Logical_test : (Diperlukan) Nilai atau ekspresi logika yang bisa dievaluasi ke TRUE atau FALSE. Argumen ini merupakan kriteria acuan yang dijadikan pembanding.
  • Value_if_true : (Opsional) Nilai yang ingin kita kembalikan jika argumen logical_test mengevaluasi ke TRUE. Argumen ini merupakan nilai jika kondisi yang terpenuhi.
  • Value_if_false ; (Opsional) Nilai yang ingin kita kembalikan jika argumen logical_test mengevaluasi ke FALSE. . Argumen ini merupakan nilai jika kondisi yang tidak terpenuhi.

CONTOH

Contoh Fungsi IF Excel

Keterangan Contoh:

FORMULA KETERANGAN
=IF(D2>60;"LULUS";"GAGAL") Jika Kondisi D2 Lebih dari 60 tulis LULUS, jika TIDAK lebih dari 60 Tulis GAGAL. Hasill evaluasi True maka ditulis LULUS.
=IF(D5>60;"LULUS";"GAGAL") Jika Kondisi D5 Lebih dari 60 tulis LULUS, jika TIDAK lebih dari 60 Tulis GAGAL. Hasill evaluasi False maka ditulis GAGAL.
=IF(D2>=90;"A";IF(D2>=80;"B";"C")) Jika Kondisi D2 Lebih dari atau sama dengan 90 tulis A, jika TIDAK Lebih dari atau sama dengan 90 evalusi lagi D2 apakah lebih dari atau sama dengan 80. Jika D2 Lebih dari atau sama dengan 80 Tulis B, jika tidak tulis C. Hasil akhir A.
=IF(D3>=90;"A";IF(D3>=80;"B";"C")) Jika Kondisi D2 Lebih dari atau sama dengan 90 tulis A, jika TIDAK Lebih dari atau sama dengan 90 evalusi lagi D2 apakah lebih dari atau sama dengan 80. Jika D2 Lebih dari atau sama dengan 80 Tulis B, jika tidak tulis C. Hasil Akhir B.
TAMBAHAN
  • Kita dapat menambahkan hingga 64 fungsi IF untuk ditumpukkan sebagai argumen Value_if_true dan Value_if_false dalam menyusun ujian-ujian lain yang lebih terperinci. Alternatif lain untuk menguji banyak kondisi, pertimbangkan juga penggunaan fungsi LOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP, atau CHOOSE.
  • Jika argumen untuk IF adalah array, maka setiap elemen array dievaluasi ketika pernyataan IF dilakukan.
  • Excel menyediakan fungsi tambahan yang dapat digunakan untuk menganalisis data Anda berdasarkan sebuah kondisi. Misalnya, untuk menghitung jumlah kemunculan string teks atau angka di dalam rentang sel, gunakan fungsi lembar kerja COUNTIF atau COUNTIFS. Untuk menghitung jumlah berdasarkan sebuah string teks atau angka di dalam rentang, gunakan fungsi lembar kerja SUMIF atau SUMIFS.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog TIK Sebelas SMASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger