Home » » Mencari Data pada Tabel dengan HLOOKUP pada Excel

Mencari Data pada Tabel dengan HLOOKUP pada Excel

Written By Unknown on Minggu, 10 Mei 2015 | 01.15

Jika sebelumnya kita menggunakan VLOOKUP untuk mencari data pada tabel berbentuk Vertikal, sekarang kita akan belajar menggunakan HLOOKUP untuk mencari data pada tabel berbentuk Horisontal.
Sebenarnya fungsi HLOOKUP sama dengan fungsi VLOOKUP yang berbeda adalah bentuk tabel dan letak value yang kita cari. Jika value yang kita cari dengan VLOOKUP ada pada kolom pertama sebuah tabel atau range dan nilai yang dikembalikan adalah pada baris yang sama, maka pencarian dengan HLOOKUP ada pada baris pertama sebuah tabel atau range dan hasil yang dikembalikan ada pada kolom yang sama.
SINTAKS
HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])
Sama dengan VLOOKUP, VLOOKUP juga memiliki empat argumen :
  1. lookup_value : (Diperlukan) Nilai yang dicari pada baris pertama tabel. Lookup_value bisa berupa nilai, referensi, atau string teks..
  2. table_array : (Diperlukan) Tabel informasi tempat data dicari. Gunakan referensi ke sebuah range, tabel, nama range atau nama tabel.
  3. row_index_num : (Diperlukan) Nomor baris dalam table_array yang akan mengembalikan nilai yang cocok.
  4. range_lookup : (Opsional) Berisi TRUE atau FALSE. Nilai logika yang menentukan apakah kita ingin HLOOKUP mencari kecocokan persis atau kecocokan yang mendekati. Jika TRUE atau dikosongkan menghasilkan kecocokan yang mendekati. Jika FALSE, HLOOKUP akan menemukan kecocokan persis. Jika tidak ditemukan, dikembalikan nilai kesalahan #N/A.

CONTOH PENGGUNAAN
Contoh penggunaan HLOOKUP pada Excel

Penjelasan Contoh :

FORMULA KETERANGAN
=HLOOKUP(F2;A2:D4;2)
Mencari F3 (Apel) pada baris pertama range A2:D4 dan mengembalikan nilai pada baris ke 2 pada range tersebut. Formula ini menghasilkan pesan error karena range_lookup kosong atau bernilai TRUE sedangkan tabel tidak diurutkan dari kecil ke besar atau dari A-Z.
=HLOOKUP(F3;A2:D4;2;TRUE)
Mencari F3 (Apel) pada baris pertama range A2:D4 dan mengembalikan nilai pada baris ke 2 pada range tersebut. Formula ini menghasilkan pesan error karena range_lookup bernilai TRUE sedangkan tabel tidak diurutkan dari kecil ke besar atau dari A-Z.
=HLOOKUP(F4;A2:D4;2;FALSE)
Mencari F4 (Apel) pada baris pertama range A2:D4 dan mengembalikan nilai pada baris ke 2 pada range tersebut.
=HLOOKUP(F5;A2:D4;3;FALSE)
Mencari F5 (Rambutan) pada baris pertama range A2:D4 dan mengembalikan nilai pada baris ke 3 pada range tersebut.
=HLOOKUP(F6;A2:D4;2)
Mencari F6 (Pisang) pada baris pertama range A2:D4 dan mengembalikan nilai pada baris ke 2 pada range tersebut.
Meskipun menghasilkan nilai 100 sebenarnya formula ini menhasilkan nilai yang salah. Karena "Pisang sebenarnya tidak ada dalam tabel. :)
=HLOOKUP(F7;A2:D4;2;FALSE)
Mencari F7 (Pisang) pada baris pertama range A2:D4 dan mengembalikan nilai pada baris ke 2 pada range tersebut.
Meskipun Formula ini menghasilkan pesan error formula ini menghasilkan nilai yang benar sebab pisang memnag tidak ada dalam tabel. :)

Penulisan serta penggunaan yang benar ada pada Acuan yg saya background hijau.

CATATAN
  1. Jika HLOOKUP tidak dapat menemukan lookup_value, dan range_lookup TRUE, maka digunakan nilai terbesar yang kurang dari lookup_value.
  2. Jika lookup_value lebih kecil daripada nilai terkecil dalam baris pertama table_array, HLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan #N/A.
  3. Jika range_lookup FALSE dan lookup_value berupa teks, kita dapat menggunakan karakter wildcard, tanda tanya (?) dan tanda bintang (*), di lookup_value.
Tidak sulit bukan? terkadang dalam penerapannya dua fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP memang agak membingungkan. Untuk itu kita harus banyak berlatih dalam menggunakan dua fingsi ini.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog TIK Sebelas SMASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger