Home » » Mencari Data pada Tabel dengan VLOOKUP pada Excel

Mencari Data pada Tabel dengan VLOOKUP pada Excel

Written By Unknown on Minggu, 10 Mei 2015 | 01.16

Program Excel kita dapat menggunakan fungsi VLOOKUP untuk mencari kolom pertama suatu rentang atau range sel, lalu mengembalikan nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada range tersebut.
Dengan fungsi VLOOKUP ini kita dapat mengisi data pada tabel berdasarkan data pada tabel lainnya atau tabel referensi tertentu dengan menggunakan suatu nilai kunci yang spesifik.
Awalan huruf V didepan kata lookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertical ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana judul kolomnya terletak dibagian atas dan data-datanya tersusun kebawah secara vertikal. 
SINTAKS
VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
Dari sintaks tersebut kita dapati empat argumen :
  • lookup_value : (Diperlukan) Nilai yang akan kita cari di kolom pertama tabel. Argumen lookup_value dapat berupa suatu nilai atau referensi.
  • table_array : (Diperlukan) Pilih rentang sel atau tabel yang berisi data tersebut.
  • col_index_num : (Diperlukan) Nomor kolom dalam argumen table_array yang merupakan asal dari nilai yang cocok yang harus dikembalikan.
  • range_lookup : (Opsional) Berisi TRUE atau FALSE. Nilai logika yang menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang persis sama atau mendekati. Jika range_lookup adalah TRUE atau dikosongkan, hasil yang sama persis atau mendekati dikembalikan. Jika hasil yang persis sama tidak ditemukan, nilai terbesar berikutnya yang kurang dari lookup_value dikembalikan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

CONTOH 1

Contoh VLOOKUP

Penjelasan Contoh:

FORMULA KETERANGAN
=VLOOKUP(F2;A1:D5;2;FALSE)
Formula ini akan mencari nilai pada sel F2 (3) pada kolom pertama tabel atau range A1:D5 jika ketemu maka akan mengembalikan nilai pada kolom 2 dari tabel tersebut yang satu baris dengan sel hasil pencarian. FALSE menunjukkan bahwa pencarian harus sama persis.
=VLOOKUP(F3;A1:D5;3;FALSE)
Formula ini akan mencari nilai pada sel F3 (2) pada kolom pertama tabel atau range A1:D5 jika ketemu maka akan mengembalikan nilai pada kolom 3 dari tabel tersebut yang satu baris dengan sel hasil pencarian. FALSE menunjukkan bahwa pencarian harus sama persis.
=VLOOKUP(F4;A1:D5;4;FALSE)
Formula ini akan mencari nilai pada sel F4 (3) pada kolom pertama tabel atau range A1:D5 jika ketemu maka akan mengembalikan nilai pada kolom 4 dari tabel tersebut yang satu baris dengan sel hasil pencarian. FALSE menunjukkan bahwa pencarian harus sama persis.

CONTOH 2

Contoh Penggunaan VLOOKUP

Penjelasan Contoh 2:

FORMULA KETERANGAN
=VLOOKUP(F2;A2:B6;2)
Mencari Nilai 59 pada tabel atau range A2:B6 dan mengambil SKOR yang sebaris pada kolom 2. Karena argumen range_lookup kosong (tidak diisi) maka dikembalikan ke nilai default yakni TRUE maka ketika nilai 59 tidak ditemukan hasil dikembalikan ke nilai yang mendekati 59 yakni 60 sehingga menghasilkan skor "D".
=VLOOKUP(F3;A2:B6;2;TRUE)
Mencari Nilai 60 pada tabel atau range A2:B6 dan mengambil SKOR yang sebaris pada kolom 2. Karena argumen range_lookup TRUE maka dan nilai 60 dapat ditemukan maka menghasilkan skor "C".
=VLOOKUP(F4;A2:B6;2;FALSE)
Mencari Nilai 85 pada tabel atau range A2:B6 dan mengambil SKOR yang sebaris pada kolom 2. Karena argumen range_lookup FALSE yang artinya bahwa pencarian harus sama persis dan nilai 85 tidak ditemukan maka menghasilkan error (#N/A).
=VLOOKUP(F5;A2:B6;2;FALSE)
Mencari Nilai 90 pada tabel atau range A2:B6 dan mengambil SKOR yang sebaris pada kolom 2. Karena argumen range_lookup FALSE yang artinya bahwa pencarian harus sama persis dan nilai 90 ditemukan maka menghasilkan nilai "A".

KETERANGAN TAMBAHAN

  • Jika nilai yang kita berikan untuk argumen lookup_value lebih kecil dari nilai terkecil di kolom pertama argumen table_array, VLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan #N/A.
  • Nilai argumen lookup_value ini dapat berupa teks, angka, atau nilai logika. Teks huruf besar dan huruf kecil dianggap sama.
  • Jika range_lookup adalah TRUE atau dikosongkan, nilai-nilai di kolom pertama table_array harus ditempatkan dalam urutan naik, jika tidak, VLOOKUP mungkin tidak mengembalikan nilai yang benar.
  • Argumen col_index_num kurang dari 1, VLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan #VALUE! jika col_index_num lebih besar dari jumlah kolom dalam table_array, VLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan #REF!.
  • Ketika mencari nilai teks di kolom pertama table_array, pastikan bahwa data di kolom pertama table_array tidak berisi spasi awal, spasi akhir, penggunaan tanda kutip lurus ( ' atau " ) dan lengkung ( ‘ atau “) secara inkonsisten, atau karakter noncetak. Dalam kasus ini, VLOOKUP mungkin mengembalikan nilai yang salah atau tidak diharapkan.
  • Ketika mencari nilai angka atau tanggal, pastikan bahwa data di kolom pertama table_array tidak disimpan sebagai nilai teks. Dalam kasus ini, VLOOKUP mungkin mengembalikan nilai yang salah atau tidak diharapkan.
  • Jika range_lookup FALSE dan lookup_value adalah teks, Anda dapat mengunakan karakter wildcard,  — tanda tanya (?) dan tanda bintang (*) — dalam lookup_value. Tanda tanya cocok dengan karakter tunggal apa pun, tanda bintang cocok dengan urutan karakter apa pun.
Sebagai catatan terakhir bahwa fungsi ini hanya beraku jika tabel kita susun secara Vertikal. Lalu bagaimana dengan tabel yang disusun secara Horisontal? ini akan kita bahas pada artikel berikutnya. Pada artikel berikutnya kita akan belajar tentang HLOOKUP.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog TIK Sebelas SMASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger